Andi Insanudin
 
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

Belajar Gitar - Pengenalan fisik gitar (Part II.1)

Selamat sore pembaca. Saya akan mencoba melanjutkan apa yang telah saya tulis beberapa hari yang lalu.Untuk part ke-II saya akan membahas tentang pengenalan fisik pada gitar, baik nama dan fungsinya.
 
Pada gitar tentu saja banyak bagian/elemen2 yang penting yang harus kita ketahui..
Contohnya: neck, bridge, dll.
Oia, sebelum saya membahas lebih lanjut. Perlu diperhatikan, bahwa gitar terdiri dari dua macam yaitu, elektrik dan klasik/akustik. Kedua gitar tersebut mempunyai bagian/elemen yang berbeda.
 
Di dalam gitar elektrik terdapat bagian-bagian yang dinamakan dengan pick up, whammy bar, bridge, dll.. Untuk lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini:
1
 
Machine heads/Tuning pegs berfungsi sebagai tuning pada gitar dengan cara memperkeras atau melonggarkan senar. Jumlah tuning pegs, bergantung pada senar yang digunakan pada gitar tersebut.
 
Nut, terdapat pada ujung neck yang berbatasan dengan headstock. berfungsi sebagai sandaran senar. mempunyai jalur untuk penempatan senar agar tetap statis.
 
Head Stock. Disinilah tempat machine heads/tuning pegs berada. Untuk beberapa tipe gitar ada pula yang tidak mempunyai headstock seperti pada gitar steinberger.
 
Fret berfungsi sebagai pembagi nada pada gitar. Yang saya tahu, jumlah fret pada gitar itu berbeda-beda. Ada yang 21, 22, 24 dan 27 tergantung pabrikan yang memproduksinya.
 
Fingerboard berfungsi sebagai tempat dimana jari-jari kita diletakan ketika kita sedang bermain gitar. Umumnya terdapat inlay (penanda suatu oktaf pada gitar) dengan berbentuk bulat, tetapi pada gitar yang lain ada juga yang memakai inlay yang berbentuk bintang, tengkorak, bunga, dll.
 
Neck. Tempat dimana fret, fingerboard dan inlay berada. Berfungsi untuk tangan kita memegang gitar.
 
Pick up. Komponen pada gitar berupa lilitan tembaga pada magnet yang berfungsi untuk menangkap suara dan memaksimalkanya menjadi suara yang lebih keras dan berkarakter. Biasanya terdiri dari 3 jenis, yaitu neck pickup, middle pickup dan bridge pickup.
 
Bridge berfungsi sebagai tempat menyangkutkan pangkal senar. 
 
Whammy bar sering juga disebut vibrato bar atau tremolo arm. Berfungsi untuk  untuk mengubah nada dan menghasilkan vibrasi atau efek portamento dengan cara mengendurkan dan menegangkan senar secara temporal memakai tuas. Tetapi pada beberapa pabrikan gitar lainnya, tidak ditemukan whammy bar ini pada gitarnya.
 
Selector switch. Sebuah bagian yang mengatur suara pickup. Baik itu neck pickup, middle pickup ataupun bridge pickup.
 
Volume/tune knob. Untuk mengatur keras tidaknya suara pada gitar.
 
Strap pin berguna untuk mengaitkan sabuk pada gitar.
 
Output jack adalah suatu lubang yang berfungsi untuk memasukan kabel gitar agar suara gitar terdengar lebih keras.
 
Control Panel. Terdapat pada body guitar bagian belakang, yang bisa di buka, untuk memeriksa/melihat komponen2 bagian dalam gitar.
 
Body. Disinilah tempat dimana pick up, bridge, whammy bar, selector switch, volume, strap pin, output jack dan control panel berada. Bentuk body gitar sangatlah beragam. Ada yag berbentuk seperti huruf V, X, dll.
 
 
 
 
Referensi bahasan: 
 
Referensi gambar: 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 14 Februari 11 - 23:07 WIB
Dalam Kategori : GITAR, MUSIK
Dibaca sebanyak : 5341 Kali
Rating : 2 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback